Resep Soto Lamongan Asli, Cara Membuat dan Tips Memasak

Resep Soto Lamongan Asli | Cara Membuat dan Tips Memasak - Soto termasuk salah satu masakan yang sangat digemari oleh semua kalangan. Secara sederhana, soto adalah masakan berkuah sejenis sup yang menggunakan berbagai rempah-rempah sebagai bumbunya. Hampir semua daerah di Indonesia memiliki variasi soto yang berbeda, misalnya soto Semarang, soto Lamongan dan soto Kudus yang berkuah bening, soto Betawi yang menggunakan kuah bersantan dan jeroan sapi dan masih banyak lagi.

Resep Soto Lamongan Asli

Resep Cara Membuat Soto Lamongan Asli

Resep Soto Lamongan Asli ini akan menghasilkan soto dengan rasa gurih dan sedikit manis. Untuk membuatnya, ikuti Resep Soto Lamongan berikut ini:

Bahan utama Dalam Resep Soto Lamongan Asli:

  • 1 ekor daging ayam, cuci bersih, lalu dipotong bagian yang lebih kecil
  • 3 serai. Dimemarkan, buang bagian putihnya
  • 6 daun jeruk, buangl tulang daunnya
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica halus
  • 1,5 liter air
  • 2 sdt garam
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan Dalam Resep Soto Lamongan Asli:

  • 8 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit. Dibakar, lalu kupas kulitnya
  • 4 kemiri. Disangrai

Bahan Pelengkap Dalam Resep Soto Lamongan Asli:

  • 50 gr soun. Diseduh dengan air panas, lalu tiriskan
  • 100 gr kol. Diiris halus
  • 100 gr tauge. Disiangi, lalu dicuci bersih
  • 2 batang seledri. Diiris halus
  • 2 tomat. Dibelah menjadi 4 bagian
  • 3 telur. Direbus, lalu dipotong menjadi 2 atau 4 bagian
  • Bawang merah. Digoreng

Bahan Sambal:

  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 10 cabai rawit merah
  •  Garam secukupnya
  • Kaldu instan rasa ayam

Resep Cara Membuat Soto Lamongan Asli

Cara Memasak Daging Ayam:

  • Panaskan air, lalu rebus daging ayam sampai mendidih.
  • Sambil menunggu air mendidih, gunakan tungku yang lain untuk memanaskan minyak
  • Masukkan dan tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan, aduk hingga tercium aroma harum
  • Tambahkan daun jeruk dan sereh. Tumis sampai menjadi agak kering, lalu angkat
  • Campurkan tumisan tersebut ke dalam ayam yang sedang direbus.
  • Masukkan merica, gula pasir, garam dan penyedap. Aduk rata dan tunggu sampai daging ayam lunak
  • Pisahkan daging ayam, lalu goreng hingga berwarna emas kecoklatan. Setelah itu angkat. Diamkan sebentar agar dingin, lalu disuwir-suwir.
  • Tambahkan cabai dan bawang putih dalam air rebusan kemudian tambahkan garam.

   Cara Penyajian Soto Ayam Lamongan:

  • Siapkan mangkok, lalu masukkan bahan pelengkap yang sudah kami sebutkan di atas
  • Tambahkan suwiran daging ayam, lalu siram dengan kuah soto, kemudian sajikan

Sajikan soto ayam Lamongan bersama dengan sambal yang bahan-bahannya sudah kami sebutkan di atas. Demikianlah Resep Soto Lamongan Asli ini kami berikan, selamat mencoba...

2 Comments

  1. Promo 100% is Back! Royalflush99 memulai kembali promo 100% deposit yang sudah ditunggu oleh para pecinta RoyalFlush99.
    DAN KAMI ADA BONUS REFERRAL 20% MINIMAL DEPOSIT 50RIBU
    UNTUK PARA PEMAIN BARU DAN PEMAIN LAMA..
    https://www.facebook.com/pages/Royalflush99/221334111395622?fref=ts

    BalasHapus
  2. Jenis soto ada banyak sih, tapi aku paling cocok sama soto lamongan daripada soto betawi dan soto - soto lainnya. Mungkin karena asli orang Jawa, jadi lebih lega kalau makannya makan soto lamongan dengan kuah kuning yang menggugah selera *sluurp.

    Cuma emang agak susah cari resep soto lamongan asli di Internet, kadang kayak ada yang kurang gitu pas udah jadi. Ujung- ujungnya malah jadi soto khas sendiri, wkwk. Anyway makasih share resep soto lamongan asli nyaaaa~~ Bermanfaat banget

    BalasHapus